Investor Malaysia Bakal Bangun Pabrik Biofuel di Mangoli

TERNATE-PT Indomal Usahasama rencana akan membangun Palm Oil Centre di Pulau Mangole, Kabupaten Kepulauan Sula, provinsi Maluku Utara. Pembangunan ini guna mendukung program pemerintah mengembangkan Bahan Bakar Nabati (BBN) dengan biaya investasi sebesar US$ 1 miliar.

“Dukungan pemerintah melalui pembangunan infrastruktur sangat penting bagi pengembangan proyek kami dan proyek BBN lainnya,” kata Dirut PT Indomal Usahasama Chairul Anhar di Jakarta, beberapa waktu lalu..

Chairul menjelaskan, masalah kesiapan infrastruktur menjadi perhatian utama dalam pengembangan Palm Oil Centre. Ketersedian pelabuhan udara, pelabuhan laut, jalan dan jembatan merupakan hal yang harus disiapkan agar tidak mengganggu kelancaran arus barang setelah Palm Oil Centre ini beroperasi.

Pihaknya berharap pemerintah dapat berpartisipasi dalam pembangunan sarana infrastruktur itu. “Perkiraan kami, dibutuhkan dana sekitar Rp 4 triliun untuk bisa menyediakan lapangan terbang, pelabuhan laut, pembangunan jalan dan jembatan. Ini sebaiknya ditanggung oleh pemerintah sebagai bentuk partisipasi dalam proyek ini,” pintanya.

Jika ini berjalan lanjutnya, proyek ini akan mampu menyerap tenaga kerja hingga sekitar 60 ribu orang, sehingga harus didatangkan tenaga kerja dari luar Kepulauan Sula karena tenaga kerja di daerah itu hanya sekitar 20 ribu orang.

Bupati Kepulauan Sula, Ahmad Hidayat Mus dalam kesempatan itu mengatakan, pemerintah daerah mendukung sepenuhnya keinginan investor asal Malaysia sebagai salah satu strategi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami juga telah membangun jalan yang akan melintasi areal perkebunan dan lokasi proyek sepanjang 80 km, 40 km direncanakan tahun ini sehingga totalnya 426 km pada 2009. Semua menggunakan dana APBD Kabupaten,” katanya. (klc)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: