Jamaah Haji Mulai Tinggalkan Makkah

Suasana Kota Mekkah saat jemaah haji mulai meninggalkan kota itu. (repro detik)

Suasana Kota Mekkah saat jemaah haji mulai meninggalkan kota itu. (repro detik)

SUASANA jalan di Makkah kembali pada masa normal. Kemacetan yang sempat terjadi saat 5 hari sebelum prosesi Armina sampai 3 hari setelah prosesi Jamarat, tidak lagi terjadi di kota ini. Sesuai pantauan, jalan menuju daerah Aziziyah yang biasanya padat merayap di hari-hari puncak haji, saat ini sudah kembali normal. Demikian juga jalan-jalan menuju daerah Ka’kiyyah dan Saukiyah yang melewati Misfalah, tidak terlihat kepadatan sebagaimana sebelumnya.

Menurut jamaah haji asal Jakarta Andi, lancarnya jalanan kota Makkah itu akibat beberapa jamaah haji dari berbagai penjuru dunia sudah meninggalkan Makkah untuk kembali ke tanah air bagi yang gelombang pertama dan melanjutkan perjalanan ke Madinah bagi jamaah haji gelombang ke 2.

“Kemarin pas mau wukuf, setiap mau keluar, saya harus ngojek kalau ingin cepat. Sekarang sudah longgar karena banyak jamaah haji yang sudah pulang dan berangkat ke Madinah,” kata Andi sebagaimana dikutip detikcom, Jumat (19/12).

Sementara itu, jalan menuju arah Mina yang melewati daerah Sulaimaniyyah dan Syammiyah juga terlihat lancar. Jamaah haji Indonesia yang berada di daerah tersebut tidak perlu repot mendapatkan kendaraan pulang dari Masjidil Haram jika ketinggalan bus.

Masjidil Haram Masih Padat
Meski jalan-jalan di kota Makkah sudah berangsur normal, Masjidil Haram masih terlihat padat dengan aktivitas jamaah haji yang memanfaatkan sisa waktu di Makkah untuk sholat jamaah di masjidil haram.

Hal ini mengakibatkan jalan-jalan di sekitar Masjidil Haram merayap usai sholat jamaah karena beberapa ruas jalannya digunakan oleh pejalan kaki.

Namun suasana kemacetan ini tidak berlangsung lama karena setelah para jamaah pulang, jalan-jalan itu kembali normal sebagaimana yang dirasakan sendiri oleh wartawan detikcom Muhammad Nur Hayid.

Akibat jalanan yang normal ini, harga sewa taksi dan angkutan dari dan menuju masjidil haram kembali turun seperti pada masa sebelum puncak musim haji beberapa waktu lalu.

Jika saat puncak musim haji taksi selalu menarik jamaah yang minta diantar ke daerah Aziziyah dengan harga sekitar 100 real karena alasan macet, saat ini kembali pada harga sebelumnya sekitar 20 real. Demikian juga dengan harga angkutan eceran yang saat musim puncak haji meminta harga 20 realan, saat ini kembali keharga 5-10 real sesuai dengan jarak tempuh jamaah.(dtc)

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: