Arkeolog Inggris Temukan Koin Emas Abad Ke-7

Nadine Ross, arkeolog pemula asal Inggris menunjukkan koin-koin emas yang dia temukan di lokasi Kota Tua dekat Jerusalem. Koin tersebut diperkirakan ada sejak abad ke-7 atau pada zaman kerajaan Romawi (reuters/okz)

Nadine Ross, arkeolog pemula asal Inggris menunjukkan koin-koin emas yang dia temukan di lokasi Kota Tua dekat Jerusalem. Koin tersebut diperkirakan ada sejak abad ke-7 atau pada zaman kerajaan Romawi (reuters/okz)

ARKEOLOG pemula asal Inggris menemukan 300 koin emas 24 Karat di lokasi penggalian dekat Kota Tua Jerusalem. Koin-koin tersebut diperkirakan berasal dari pemerintahan Romawi Heraclius dari abad ketujuh.

Seperti dilaporkan BBC, Rabu (24/12), koin-koin tersebut juga membuktikan masa kejayaan Heraclius sebelum Persia menaklukan Jerusalem.

Koin-koin tersebut memang bukan yang pertama kali ditemukan di sekitar Kota Tua. Namun penemuan ini merupakan yang terbesar dibanding sebelumnya.

Nadine Ross, arkeolog Inggris tersebut, baru satu bulan terlibat dalam penggalian. “Ini benar-benar menarik. Kami sudah menemukan barang-barang sejarah dari tanah liat, kaca, dan kini koin emas,” ungkap Ross seperti dikutip Telegraph.uk.

Sementara dinas purbakala Israel mengaku terkejut dengan penemuan tersebut. “Ini merupakan penemuan paling mengesankan yang pernah ditemukan di Jerusalem. Ini koin terpenting di periodenya,” demikian bunyi pernyataan otoritas purbakala Israel.

“Sejak tidak satu pun benda bersejarah dari tanah yang ditemukan dalam lokasi penggalian bersebelahan lokasi penemuan, kami menyimpulkan ada sesuatu benda yang berharga di balik tembok bangunan Kota Tua itu”.

Sementara Doron Ben Ami, arkeolog yang sudah berkecimpung dalam penggalian Kota Tua mengatakan, koin tersebut diperkirakan merupakan benda berharga yang disembunyikan seseorang saat Persia menyerang Jerusalem pada awal abad ketujuh. (okz)

Ditulis dalam HISTORY. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: