Mahasiswa Malut Tuntut 20 Persen Anggaran Pendidikan

Gubernur Maluku Utara Drs. H. Thaib Armaiyn
Gubernur Maluku Utara Drs. H. Thaib Armaiyn

TERNATE-Prihatin dengan kondisi daerah yang dianggap sebagai kawasan paling tertinggal dari sisi kualitas pendidikan, sejumlah ormas mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas untuk Pendidikan Rakyat (SUPER), menggelar aksi unjuk rasa di DPRD Provinsi Maluku Utara (Malut).

Mereka merasa kecewa dengan sikap pemerintah Provinsi Malut yang hanya mengalokasikan dana untuk pendidikan sebesar Rp 35 miliar atau sekitar 4,7 persen dari total Rp736 miliar anggaran RAPBD 2009.

“Jelas terbaca bahwa alokasi anggaran ini tidak memenuhi syarat ketentuan UU dimana mestinya harus mencapai 20 persen sesuai amandemen UUD 45 yang telah bertahun-tahun mengisyaratkan itu,” ujar salah seorang orator aksi tersebut, Selasa (23/12) kemarin.

Aksi itu sendiri nyaris memicu bentrok antara pengunjuk rasa dengan petugas keamanan. Pasalnya, mahasiswa memaksa untuk masuk ke dalam kantor dan bertemu dengan anggota DPRD namun dihalang-halangi petugas.

Tapi, karena kalah dalam jumlah personel, aparat terpaksa harus mengalah dari mahasiswa sehingga para pengunjuk rasa bisa bebas masuk ke halaman kantor yang terletak di kawasan Jalan Stadion, Ternate Tengah itu.

Mereka juga mengecam sikap DPRD dan Pemprov Malut yang dinilai tidak berpihak pada masa depan dunia pendidikan. Termasuk juga mengimbau agar masyarakat beramai-ramai menolak RAPBD Malut yang akan disahkan menjadi APBD 2009.

Aksi itu sendiri berlansung cukup tertib setelah perwalikan mahasiswa diterima tiga anggota DPRD dari komisi D yang kemudian berjanji akan memperjuangkan aspirasi tersebut. (okz)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: