Puting Beliung Hajar 13 Stan Pameran HUT Ternate

TERNATE-Sebanyak 13 stan yang menempati kawasan pameran pembangunan dalam memeriahkan 758 tahun HUT kota Ternate diamuk angin puting beliung, Selasa (23/12) siang WIT kemarin.

Stand-stan itu di antaranya milik bagian Infokom Setda Ternate yang berkolaborasi dengan para wartawan Pers Liputan Kota (Pelita) dan Jurnalis Foto Ternate, Save the Children, Perbankan, Dharma Wanita Ternate, Dinas Pertanian, Kantor Keluarga Berencana, Perikanan serta sejumlah stan hiburan lannya.

Akibatnya, stan-stan itu mengalami rusak berat. Bagian atap, termasuk isi stan berupa sejumlah barang yang dipajang berantakan diamuk angin puting beliung yang menerjang sekira pukul 13.00 WIT itu.

Menurut keterangan sejumlah saksi mata, angin itu sendiri datang secara tiba-tiba tepat di saat azan shalat Zuhur dikumandangkan. Beruntung dilaporkan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini.

“Saat angin datang terdengar bunyi gemuruh yang cukup besar sehingga orang-orang yang tengah berada di dalam stan langsung lari berhamburan keluar dari ruangan,” ujar Yuli Setiawati, salah seorang staf PNS yang tengah bertugas di stan.

Angin tersebut lantas menerjang stan-stan yang ada di jejeran bagian utara. Beruntung tidak ada satupun stan yang roboh padahal hanya dibangun semi permanen dengan papan yang ditopang tiang besi.

Hingga saat ini, belum bisa dipastikan berapa besar kerugian yang ditimbulkan. Namun diperkirakan nilainya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Pada tahun lalu peristiwa serupa juga terjadi dalam acara itu. Anehnya selain terjadi pada acara yang sama, puting beliung itu terjadi di tempat dan waktu yang sama. Pameran tahun lalu dan yang digelar hari ini di lakukan di kawasan Tapak II Swering Gamalama.

Bedanya hanya di hari kejadian, di mana tahun lalu puting beliung terjadi pada 30 Desember di saat menjelang penutupan tahun, sedangkan tahun ini di saat pameran baru berlangsung 4 hari sejak dibuka pada 19 Desember lalu. (okz)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: