‘Kado’ Ultah Ternate, Pemkot Gelar Operasi Katarak Gratis

TERNATE-Menyambut datangnya HUT ke-758 kota Ternate pada 29 Desember besok, Pemkot Ternate menggelar operasi katarak bagi 100 pasien dari kalangan keluarga miskin (Gakin). Bekerja sama dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia- Sulawesi Selatan (Perdami-Sulsel), ke-100 pasien itu secara bergiliran selama tiga hari kedepan terhitung sejak hari ini.

Sesuai pantau, di RS Medika Halifalm, kawasan Kompleks Pohon Pala, kelurahan Takoma, Ternate Tengah, dari ke semua pasien katarak, umumnya telah berusia lanjut di atas 50 tahun yang umumnya para wanita.

Mira (63) salah seorang pasien yang ditemui okezone menyatakan, merasa senang dengan adanya kegiatan sosial ini. Wanita yang mengaku sudah rabun sejak berusia muda itu memang tak punya biaya untuk operasi. “Karena operasi di luar mahal. Pernah saat ditanya ke dokter biayanya operasinya sangat tinggi hingga Rp7 juta,” ujarnya.

Wali Kota Ternate Syamsir Andili mengatakan, kegiatan ini sendiri merupakan tahap awal yang akan berkelanjutan sebagai program pemerintah. Setelah menjalani operasi, pasien masih mendapatkan pengobatan sebanyak tiga kali dalam sebulan.

“Pasien juga akan mendapatkan pemeriksaan rutin selama sebulan ini secara cuma-cuma. Tujuannya agar mereka mau melakukan pengontrolan hingga nantinya dipastikan benar-benar sembuh dari katarak,” ungkap Syamsir pada wartawan usai melihat dari dekat pelaksaan operasi katarak yang ditangani enam dokter itu. (okz)

Ditulis dalam DAERAH. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: