Mulai Januari, Halbar Berlakukan Sekolah Gratis

JAILOLO-Para siswa SD dan SMP se-Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) benar-benar kecipratan rejeki nomplok di suasana kecerian Natal 2008 ini. Bukan hanya para siswa, anak-anak seusia wajib belajar 9 tahun itupun bisa jadi akan turut merasakannya.

Pasalnya, terhitung mulai 15 Januari nanti saat mulai masuk sekolah, para orang tua siswa-siswi SD dan SMP itu tak perlu lagi pusing memikirkan biaya untuk anak-anaknya bersekolah karena Pemda setempat melalui kebijakan bupatinya Namto Hui Hui telah mengeluarkan kebijakan untuk menggratiskan biaya pendidikan untuk wajib belajar 9 tahun.

“Yang pasti tidak aka nada lagi pungutan bagi orang tua siswa segalanya sudah disubsidi dari Pemda. Aturan UU tentang hak pendidikan bagi anak juga akan kita buat dalam Perda yang tengah digodok. Jadi nantinya tak ada alasan untuk tidak menyekolahkan anak-anak SD maupun SMP,” tutur Bupati Namto sebagaimana dilansir okezone.
Selain untuk SD dan SMP, menurut Bupati, dalam waktu berjenjang, pihaknya juga akan menjadikan SMU sebagai target berikutnya. “Anggarannya tengah dibahas di DPRD. Mudah-mudahan bisa gol. Jika tahun kemarin hanya 12 persen dari APBD menjadi 20 persen,” ujarnya optimis.

Perda itu sendiri kata Namto akan dibackup dengan untuk “menangkap” anak yang tidak berada di kelas saat jam belajar tengah berlangsung. “Jika masih ada anak usia wajib belajar 9 tahun yang berkeliaran dan tidak sekolah akan ditangkap Sat Pol PP,” tutur Bupati.

Apa yang dirasakan para siswa di Halbar itu sangat bertolak belakang dengan yang dirasakan oleh para siswa SMUN 8 Ternate. Mereka justru terusir dari gedung yang selama ini menjadi tempat belajarnya setelah pemilik gedung yakni Yayasan Baabullah member ultimatum batas akhir penggunaan gedung di kawasan Jati itu pada 25 Desember hari ini. (okz)

Ditulis dalam PENDIDIKAN. 2 Comments »

2 Tanggapan to “Mulai Januari, Halbar Berlakukan Sekolah Gratis”

  1. John Sihombing Says:

    I found your blog on google and read a few of your other posts. I just added you to my Google News Reader. Keep up the good work. Look forward to reading more from you in the future. Thank you


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: