Laut Menggeliat, V-Sat BMG Ternate Ngadat

TERNATE-Ironis. Ditengah menggeliatnya aktivitas laut di perairan Maluku Utara (Malut) yang akhir-akhir ini memunculkan kerawanan akibat buruknya cuaca, alat V-Sat yang digunakan untuk sarana informasi dan akses data di Stasiun Meteorologi Ternate justru ngadat.

Akibatnya, sedikit menggangu aktivitas akses data yang dikirimkan BMG pusat untuk memantau perkembangan cuaca di Malut. “Ya. Memang sudah dalam tiga hari ini V-Sat kami mengalami sedikit trouble sama sekali tidak bisa mengakses dari dari BMG pusat,” ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Ternate, Nasrul Husin Simbolon, pada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (31/12) siang WIT.

Pihaknya, kata Nasrul, terpaksa hanya bisa mengakses data dari BMG Makassar secara online. Kerusakan itu sendiri diperkirakan tidak akan berlangsung lama karena diupayakan untuk secepatnya diperbaiki. “Mungkin karena pengaruh gangguan cuaca akhir-akhir ini. Terpaksa kami hanya bisa mengakses data dari Makassar tanpa bisa melihat peta gelombang yang terjadi,” tambahnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan BMG, diperkirakan cuaca terutama di kawasan laut Malut akan makin bergeliat di awal Januari 2009 ini. “Puncaknya pada tanggal 1 sampai 3 Januari dimana tinggi gelombang akan mencapai ketinggian maksimal 3 meter dengan kekuatan angin 20-30 knot atau 37 Km per jam disertai hujan lebat,” ujar Nasrul.

Akibat dari menggeliatnya aktivitas gelombang, seorang nelayan dilaporkan hilang pada Jumat pekan lalu termasuk juga merusak sebuah perahu motor dan sejumlah tanggul di kawasan pantai kota Ternate. (okz)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: