Nelayan Hilang dan Cuaca Buruk, Nelayan Ternate Takut Melaut

TERNATE-Akibat hilangnya seorang nelayan asal kelurahan Kota Baru, kecamatan Ternate Tengah, Maluku Utara, beberapa hari lalu, sejumlah pasar ikan menjadi sepi. Selain karena para nelayan yang memang enggan melaut karena cuaca buruk akhir-akhir ini, sebagian nelayan memang tengah melakukan pencarian atas hilangnya Saiful Tonding (45).

“Seluruh armada saya memang tengah dikerahkan untuk mencari Ipul (panggilan Saiful, red) yang hilang sejak Jumat lalu,” ujar Ridwan Habib, pengusaha ikan di pasar Kota Baru, yang memang masih kerabat korban, Kamis (1/1) sore WIT.

Amatan Okezone di pasar ikan Kota Baru, nampak sepi. Sejumlah lapak terlihat ditutup pemiliknya. Jika ada penjual ikan, itu hanya satu dua orang saja.

Karena sepi dan kekurangan stok, tak pelak membuat harga ikan melambung hingga tiga kali lipat. Seekor ikan tongkol yang biasanya dijual per ekor hanya Rp20 ribu untuk ukuran sedang, melonjak menjadi Rp60 ribu per ekornya.

Sementara jenis ikan lain seperti Bawal, Kerapu, serta ikan-ikan jenis lain diluar tongkol atau cakalang dan tuna, tidak terlihat di pasar tersebut.

“Banyak nelayan yang tidak melaut akibat cuaca yang buruk sehingga kami juga tidak bisa berjualan,” ujar Muslim, seorang pengumpul ikan yang biasanya berjualan di pasar tersebut.

Pembeli yang datang pun banyak yang dibuat kecewa akibat minimnya stok ikan di pasar. Alternatifnya terpaksa mengkonsumsi teri kering atau yang disebut ngafi, telur dan daging. Kondisi serupa juga terlihat di pasar Rakyat Gamalama, Bastiong dan Dufa-dufa. (okz)

Ditulis dalam DAERAH. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: