Kepulauan Obi Layak Jadi Kabupaten

Pulau Sambiki, salah pulau penghasil ikan dan mutiara terbesar di Maluku Utara

Pulau Sambiki, salah satu pulau penghasil ikan dan mutiara terbesar di Maluku Utara

LABUHA-Tuntutan Pulau Obi menjadi kabupaten sendiri terpisah dari kabupaten induk Halmahera Selatan merupakan perjuangan seluruh masyarakat. Dan tidak ada tendensi politik atau kepentingan kelompok tertentu. Hal ini disampaikan Salhi Ode Padjali, sesepuh masyarakat Obi di Labuha, Bacan, Rabu, (7/1) siang tadi.

Menurut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Halmahera Selatan ini, tuntutan pemekaran ini dimaksudkan memperpendek rentang kendali pelayanan, juga untuk mempercepat akselerasi pembangunan di jazirah kepulauan Obi.

Apalagi katanya, Pulau Obi yang masuk dalam wilayah hokum dan administrasi Kabupaten Halmahera Selatan, pelayanan pemerintah yang dirasakan masyarakat daerah itu kurang mendapat perhatian, termasuk pelayanan pembangunan.

Hal ini disebabkan karena Kabupaten Halmahera Selatan wilayah yang cukup luas dengan 30 kecamatan, sudah saatnya dilakukan pemekaran kabupaten baru, termasuk calon kabupaten Kepulauan Obi.

Salhi melihat, Pemda Kabupaten Halmahera Selatan setengah hati merespon tuntutan pemekaran yang kini diperjuangkan masyarakat Kepulauan Obi. Ini katanya, dibuktikan dengan pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2009 tak mengakomodir dana pemekaran.

Karena itu, Salhi mengajak agar masyarakat terus melakukan pressur untuk mendapat dukungan politik dan DPRD dan Pemerintah Daerah setempat dalam bentuk rekomendasi administrasi maupun teknis.

Salhi juga memaparkan, mdari segi potensi sumber daya alam (SDA), Kepulauan Obi memiliki SDA yang cukup. Jika menjadi kabupaten sendiri daerah itu mampu membiayainya sendiri. Ini katanya dapat dibuktikan dengan APBD Kabupaten Halmahera Selatan yang kurang lebih Rp. 47 milyar, 60 persen berasal dari Kepulauan Obi. “Itu baru sebagian kecil potensi yang dimanfaatkan, masih banyak sumber daya alam yang belum dieksploitasi,” ujarnya. (***/ais)

Ditulis dalam DAERAH. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: