Gerbang Desak Pemda dan DPRD Agendakan Pemekaran

LABUHA-Elemen masyarakat Gane Barat dan Gane Timur yang terhimpun dalam Gerakan Perjuangan Pemekaran Gane Raya (Gerbang) Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, Kamis, (8/1) kemarin menggelar aksi unjuk rasa di DPRD setempat untuk Pemda dan DPRD segera mengandakan pemekaran kabupaten Gane Raya.

Sekretaris Tim Gerbang Malik Marsaoly yang juga coordinator aksi mengatakan, tuntutan perjuangan pemekaran Gane Raya adalah murni perjuangan rakyat Gane. Tujuannya, untuk memperpendek rentang kendali pelayanan sekaligus pemerataan pembangunan.

Menurutnya, selama ini wilayah Gane Raya yang terletak di ujung selatan Pulau Halmahera ini menjadi negeri yang terlupakan. Hal ini dinilai Malik, tidak ada kemauan Pemda untuk membangun semenanjung Gane ini.

Ketua DPRD Kabupaten Halmahera Selatan Yusman Arifin, kepada wartawan memberikan apresiasi positif atas tuntutan masyarakat tersebut. Menurutnya, wilayah kabupaten Halmahera Selatan cukup luas dan rentang kendali secara geografis sangat sulit.

“Karena itu diperlukan pemekaran beberapa kabupaten diantara, Kabupaten Obi Kepulauan dan Pulau Bacan serta pemindahan ibukota Halmahera Selatan ke Gane, semenanjung daratan Pulau Halmahera,” katanya.

Sementara salah satu anggota DPRD setempat Isra H. Hasan mengatakan, pemekaran kabupaten Gane dan Obi Kepulauan harus terus didorongg oleh semua komponen masyarakat yang ada, termasuk DPRD dan Pemda,” ujarnya. (sop)

Ditulis dalam DAERAH. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: