Koalisi Parpol Islam Tak Lagi Diminati

KOALISI parpol Islam dinilai tidak mampu meraih banyak suara pada pemilu 2009. Karena di mata masyarakat, sentimen keagaman tidak lagi diminati seperti pada pemilu 1999 lalu. Menurut Direktur Eksekutif Charta Politika, Bima Arya Sugiarto, saat ini sentimen publik tidak terlalu baik terhadap loyalitas parpol Islam.

Berdasarkan hasil survei, imbuhnya, 30-35% pemilih akan memilih parpol berbasis Islam dan mungkin mayoritas masih memilih parpol yang nasionalis. “Sekarang isunya antara lain figur, bukan lagi sentimen ideologis,” ungkapnya, Selasa (13/1).

Untuk membidik pemilih, parpol Islam harus mampu mengahdirkan figur pemersatu yang mampu melampaui sekat organisasi, bisa diterima publik dan mampu mengatasi perbedaan ideologis.

“Poros tengah tahun 1999 memunculkan kiai NU jadi presiden. Apa mungkin di 2009? Saya tidak lihat ada prakondisi untuk munculkan koalisi parpol Islam. Saya tidak melihat poros tengah pure koalisi Islam. Saat itu pemilihan tidak langsung, realitas yang berbeda dengan sekarang,” tandasnya. (okz)

Ditulis dalam POLITIK. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: