Elemen Perjuangan Pemekaran Kabupaten Obi Diminta Bersatu

LABUHA-Perjuangan pemekaran Kepulauan Obi menjadi kabupaten sendiri terpisah dari kabupaten induk Halmahera Selatan diminta supaya bersatu dalam langkah dan gerakan, dan tidak dilakukan sendiri-sendiri. Karena ini merupakan perjuangan bersama seluruh elemen masyarakat.

Penegasan tersebut disampaikan salah satu sesepuh Kepulauan Obi Kabupaten Halmahera Selatan Salhi Ode Padjali. Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Halmahera Selatan meminta baik Forum Peduli Obi yang berada di jazirah Provinsi Maluku Utara yang telah mendeklarasikan pemekaran kabupaten Kepulauan Obi serta panitia pemekaran Obi yang dideklarasikan di Ternate beberapa waktu lalu untuk bersatu dan bersama-sama dalam memperjuangkan kepentingan Obi secara bersama-sama.

Terkait dengan pertemuan masyarakat Kepulauan Obi di Hotel Buana Lipu Labuha, Sabtu, (18/1), tujuannya menyatukan perjuangan ini. Karena kata Salhi, mereka melihat perjuangan pemekaran masih bersifat parsial, kelompok serta mengedepankan ego-ego kelembagaan.

“Apa yang dilakukan demi kepentingan pemekaran kabupaten Obi Kepulauan perlu disambut positif. Tapi kuncinya, seluruh elemen masyarakat Obi Kepulauan harus bersatu dalam satu wadah pemekaran. Bagaimana mungkin kita bicara pemekaran kalau kita belum bersatu,” pinta Salhi yang calon PAN Dapil Obi nomor urut 1 ini.

Menurutnya dengan kondisi ini, maka langkah-langkah yang ditemph pengurus Ikatan Keluarga Obi (IKO) di Labuha, ibukota Kabupaten Halmahera Selatan adalah memediasi pertemuan antara Forum Peduli Obi (FPO) dengan Panitia Pemekaran Kabupaten Obi (PPKO) di Hotel Buana Lipu.

“Dengan harapan kedua komponen ini berada dalam satu wadah. Apakah dalam bentuk presidium atau nama lain yang tidak merubah struktur kelembagaan masing-masing. Tujuannya, harus ada komitmen bersama untuk berjuang sesuai dengan prosedur,” tutur Salhi.

Ia menjelaskan, seluruh kelengkapan yang menjadi persyaratan, baik administrasi, teknis, demografi maupun kewilayahan, termasuk sikap politik masyarakat yang termuat dalam keputusan Badan Perwakilan Desa dan didukung dengan data base, peta dan potensi wilayah menjadi syarat dalam perjuangan pemekaran ini.

Persyaratan tersebut jelas Salhi, harus diserahkan kepada pemerintah dan DPRD kabupaten, guna mendapatkan sebuah keputusan politik Pemerintah Daerah dan DPRD kabupaten Halmahera Selatan. Termasuk penetapan anggaran rencana pemekaran kabupaten. “Kami menyarankan supaya nomenklatur panitia pemekaran kabupaten Obi diganti dengan Panitia Perjuangan Pemekaran Kabupaten Obi,” pintanya. (ais)

Ditulis dalam DAERAH. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: