Nasabah Ngamuk, Teller Bank Diancam Parang

TERNATE-Merasa dirugikan dengan pelayanan pihak bank Pembangunan Daerah Maluku, AG alias Amir, seorang PNS asal kabupaten Halmahera Barat, mengamuk di bank yang terletak di Jalan Merdeka tersebut. Bahkan, pegawai Dinas Kehutanan itu, sempat menyandera para pegawai dan teller bank tempat AG menyimpan uang itu dengan sebilah parang yang membuat panic seisi bank termasuk nasabah yang kebetulan berada dalam bank tersebut.

Aksi nekad yang dilakukan Amir ini, sontak membuat suasana di dalam bank menjadi gaduh hingga menyebabkan aktivitas di bank sempat terganggu. Menurut pihak Bank Maluku, persoalan ini dipicu rasa tidak puas Amir terhadap sikap bank yang menolak menggantikkan kekurangan uang yang diterimanya saat melakukan penarikan dari teller, Jumat 9 Januari atau dua pekan lalu.

Amir yang kala itu menarik uang sebesar Rp5,5 juta di teller, tapi mengaku hanya menerima sebesar Rp 4.445.000. Dia sendiri baru sadar kalau uang yang diterimanya itu berkurang sebesar Rp1.050.000 setelah sampai di rumah dan baru datang melakukan komplain ke pihak bank dua minggu berikutnya. “Masa dia ambil uang seminggu yang lalu baru hari ini, dia datang komplain ke pihak Bank,” terang wakil pimpinan cabang Bank Maluku Ternate, Ilham Yoisangadji .

Karena merasa tidak puas dengan penjelasan pihak Bank, Amir pun akhirnya naik pitam. Dia langsung mengeluarkan sebilah parang yang dibawa dari rumahnya yang disembunyikan di balik dan langsung ditodongkan ke teller Bank.

Seketika itu seluruh pegawai serta para nasabah bank langsung panik ketakutan. Bahkan, sebagian di antaranya memilih berlarian keluar gedung untuk menghindari resiko dari aksi bringas yang dilakukan Amir ini.

Sementara beberapa pegawai lainnya terperangkap sehingga tidak bisa keluar lagi. Sialnya, saat kejadian itu berlangsung, pihak security bank sendiri tidak berada di tempat karena sementara pulang istirahat.

Sebelumnya, menurut sejumlah nasabah, pihak bank beberapa kali mengajak Amir untuk membicarakan hal ini secara kepala dingin, namun yang bersangkutan nampaknya tidak bisa mengendalikan rasa marahnya hingga akhirnya mencabut parangnya.

Untuk menggiring Amir keluar ruangan, sejumlah pegawai Bank yang berada di luar, memancing Amir dengan berpura-pura menantangnya dengan menggunakan kayu. Karena merasa ada yang melawannya, Amir pun keluar ruangan dengan parang yang masih melekat erat ditangannya.

Setelah di luar ruangan, beberapa pegawai Bank ingin memukulnya dengan balok kayu, namun Amir tidak mau kalah, dan diapun melawan. Hanya berselang beberapa menit, tiba-tiba dua orang Polantas tiba dan ingin bicara dengan Amir.

Namun, Amir menolak. Bahkan kedua Polantas pun justru lari karena dikejar Amir sambil mengancungkan parang hingga di luar pagar Bank. Amir pun kemudian kembali ke dalam lagi dan melakukan aksi mengancamnya.

Tak lama kemudian, salah seorang pegawai Bank melempar kakinya dengan kayu, dan seketika itu dia pun langsung terjatuh. Akibat lemparan kayu itu, dia semakin bertambah beringas dan kembali mengejar orang-orang yang ada di sekelilingnya.

Setelah lari keluar pagar Bank, para pegawai Bank, termasuk para ojek, supir angkot, dan masyarakat pun ikut mengejar Amir hingga ke Kalumpang persisnya depan Hotel Zavitri. Disitu, Amir pun dapat diatasi setelah dia terkulai lemas setelah merasa sakit atas luka di kepala akibat lemparan batu dan kayu. Amir pun langsung di bawa ke RSUD Chasan Boisoirie.

Ilham menambahkan, dari keterangan yang didapatnya dari pihak kepolisian, Amir diduga mengalami gangguang jiwa. “Bukan hanya ini, dia juga kadang mengamuk seperti ini pada istri dan anaknya,” jelasnya.

Sementara Polres Ternate melalui Kasat Reskrim AKP Dewa Nyoman, yang dihubungi semalam mengaku belum menerima laporan tentang kejadian ini. “Saya belum mendapat laporan,” tuturnya. (okz)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: