Kalapas Ternate Ikut Nikmati Hasil Curian Napi

TERNATE-Terungkapnya sindikat napi yang sering keluar masuk bui dan mencuri secara merajalela di Ternate telah menimbulkan pertanyaan besar. Padahal status mereka masih sebagai narapidana Lapas Ternate. Dari pengakuan tersangka Ade Thaib (22) dan Muhammad Guntur (22), terungkap, mereka bisa keluar masuk bui dengan bebas setelah menyetor sejumlah uang yang langsung diberikan pada kepala Lapas Jambula, Ternate, Maluku Utara.

“Jika bermalam (hingga pagi) kami harus menyetor sebesar Rp 500 ribu, sedangkan jika baliknya ke lapas sore hari (setengah hari), maka kami harus menyetor Rp250 ribu,” ujar Ade pada wartawan saat diwawancara di ruang penyidik Reskrim Polres Ternate.

Ade sendiri mengaku sudah menyetor sekitar Rp 3,5 juta sebagai jaminan kebebasannya selama tujuh hari. “Uang itu saya serahkan langsung pada kepala Lapas,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, kecurigaan polisi akan keterlibatan para sipir di Lapas tersebut juga mengemuka. Pasalnya, dari tangan mereka, polisi berhasil menyita sedikitnya tiga handphone dan satu laptop yang merupakan hasil gasakan kedua pencuri tersebut.

Kepada polisi, keduanya mengaku menjual barang tersebut pada para petugas Lapas itu. Tapi, mereka menyangkal jika aksi pencuriannya diketahui para petugas Lapas.
Terlibatkah Kepala Lapas dan jajarannya dalam sindikat ini? “Hal itu masih kami selidiki. Jika bisa dibuktikan, maka akan kami tindak sesuai dengan hukum yang berlaku,” jelas Kapolres Ternate AKBP Solichin.

Polisi sendiri telah memanggil dua petugas yang dicurigai sekaligus pemegang barang curian tersebut. Tapi kemudian keduanya dilepas karena tidak cukup bukti keterlibatan mereka setelah diperiksa secara intensif. Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, belum satupun petugas Lapas Jambula yang berhasil dikonfirmasi atas masalah tersebut.

Kasus bebas masuk keluarnya tahanan ini sebenarnya bukan hal baru di Ternate. Beberapa waktu sebelumnya, sejumlah jaksa Kajari Ternate turut diperiksa penyidik Kejati Maluku Utara atas sering masuk keluarnya sejumlah tahanan kasus korupsi di Rutan Ternate.(okz)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: