Pelempar Sepatu ke Bush Ikut Pemilu dari Balik Jeruji

Wartawan Irak pelempar sepatu ke Bush. (repro yahoo)

Wartawan Irak pelempar sepatu ke Bush. (repro yahoo)

WARTAWAN Irak yang beken setelah melemparkan dua sepatunya ke arah George Bush, Muntazar al-Zaidi, turut berpartisipasi dalam pemilu daerah pertama yang digelar sejak 4 tahun lalu di Irak. Muntazar memilih secara rahasia dari balik selnya. “Muntazar al-Zaidi memberikan suara pada 28 Januari,” kata seorang pejabat di Pengadilan Kriminal Pusat Irak seperti dilansir AFP, Minggu (1/2). “Tak ada yang diizinkan bertanya padanya siapa yang akan dipilihnya,” ujarnya.

Polisi, tentara, pasien rumah sakit dan para tahanan memberikan suaranya lebih dulu untuk menghindari masalah keamanan, logistik dan kecurangan dalam pemilu daerah itu.

Muntazar (29) melemparkan dua sepatunya pada Bush dalam forum jumpa pers 14 Desember lalu. Wartawan televisi Al-Baghdadia ini menghadapi tuntutan “serangan pada kepala negara asing dalam kunjungan resmi kenegaraan.” Dia diancam 15 tahun penjara.

Pemilu daerah di Irak diikuti oleh 15 juta orang untuk memilih Dewan Daerah. Pemilu ini diadakan di 14 dari 18 provinsi di Irak. Kandidat yang memperebutkan 440 kursi ada 14 ribu orang. (yho)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: