KPU Diminta Memikirkan Rencana Darurat

DUA bulan menjelang pemilu legislatif yang akan digelar 10 April 2009, surat suara yang nantinya akan digunakan ternyata belum selesai dicetak. Bahkan, prosesnya sama sekali belum dimulai. Hal ini memunculkan kekhawatiran dari Badan Pengawas Pemilu.

Bawaslu mempertanyakan alasan Komisi Pemilihan Umum yang belum juga merampungkan desain surat suara. Padahal, saat ini sudah lewat dari tenggat waktu semula, yaitu tanggal 4 Februari. Dan surat suara dijadwalkan tiba di kabupaten-kota pada 10 Maret mendatang. Dibayangi kekhawatiran gagalnya pemilu legislatif, Bawaslu meminta KPU mulai memikirkan rencana darurat.

Sementara itu, untuk kebutuhan logistik lainnya, yaitu tinta sidik jari, pekan ini lebih dari 50 ribu botol mulai didistribusikan ke Indonesia bagian timur. Perjalanan diperkirakan memakan waktu 20 hari.

Perencanaan Anggaran KPU Buruk
Harga tender surat suara jauh lebih rendah dari pagu anggaran yang ditetapkan KPU. Hal ini menunjukkan KPU buruk dalam merencanakan anggaran. anggaran mereka masih lemah,” ujar
anggota Divisi Politik Anggaran Seknas Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Roy Salam di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (5/2).

Menurut Roy, total pagu anggaran untuk surat suara adalah Rp 889 miliar. Harga total yang disepakati antara KPU dengan perusahaan pemenang tender tidak mencapai 60 persen dari pagu tersebut. Di satu sisi, ini mungkin bisa dimaknai sebagai keberhasilan panitia tender,”Meskipun juga harus dipertanyakan bagaimana kualitas barangnya,” imbuh Roy.

Namun di sisi lain ini juga menunjukkan lemahnya perencanaan KPU ketika menyusun anggaran. “Budgetnya terlalu besar. Pagu yang ditetapkan KPU jauh melebihi harga pasar. Ini membuat dari sisi logistik pembengkakannya luar biasa,” pungkas Roy. (yho)

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: