Warga Bertikai, Sejumlah Rumah Dibakar

Warga dua desa di Ambon bertikai.SEKELOMPOK pemuda asal Desa Kailolo, Maluku Tengah, Maluku, baru-baru ini, membakar rumah-rumah warga Desa Pelauw. Aksi ini membuat para ibu ketakutan dan menangis. Mereka pun mencoba mengungsi ke rumah tetangga.

Menurut seorang saksi, sekelompok pemuda asal Desa Kailolo membakar rumah-rumah yang mereka lewati saat bentrok dengan warga Pelauw. Ratusan anggota polisi langsung mengejar pelaku bentrokan. Saleh Tuasamu, warga Kailolo yang terkena sabetan senjata tajam, akhirnya bisa ditangkap. Menurut Saleh, ia diserang warga Pelauw sehingga rekan-rekannya terpaksa menyerang balik.

Saat ini ketegangan antara Desa Kailolo dan Desa Pelauw masih berlangsung. Guna mencegah terjadinya bentrok yang lebih luas. polisi masih bersiaga di kedua desa dan mencari para pelaku bentrokan.

Bentrok antarwarga tersebut merupakan kali kedua dalam sepekan ini. Sebelumnya, kedua warga juga terlibat bentrok di pusat perbelanjaan Ambon Plasa hingga menyebabkan seorang warga tewas.

Sementara itu Kepala Kepolisian Resort Ambon dan Pulau-Pulau Lease Ajun Komisaris Besar Polisi Didik Wijanarko mengatakan, kini pihaknya mengejar dua orang yang diduga memukul warga Kailolo. Polisi juga memburu sejumlah orang yang diduga terlibat pembakaran rumah warga Desa Pelauw, Kecamatan Pulau Haruku, Maluku Tengah.

Menurut Didik, aparat sudah mengetahui ciri-ciri dua pelaku pemukulan mahasiswa asal Desa Kailolo di Kampus Institut Agama Islam Negeri Ambon. Termasuk, sejumlah orang yang diduga membakar tiga rumah milik warga Desa Pelauw. Dua rumah yang dibakar milik warga Desa Pelauw dan sebuah kediaman kepunyaan warga Ambon. Serta, satu pangkalan ojek yang berdekatan dengan lokasi kejadian.

Pascabentrokan pada pukul 09.00 WIT tadi, saat ini suasana di sekitar lokasi kejadian mulai kondusif. Namun untuk mengantisipasi bentrokan susulan antara kedua kelompok yang masih bersaudara ini, Polres Ambon menyiagakan 300 personel di

sejumlah titik yang dianggap rawan sambil berpatroli. Seiring dengan itu, warga yang sempat tegang, kini mulai terlihat beraktivitas seperti biasa. Lalu lintas di sekitar lokasi kejadian pun mulai kondusif. (yho)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: