Sebar Fitnah, Bupati Halsel Diperkarakan Wakilnya

TERNATE-Kisah perseteruan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara sepertinya tidak akan pernah berakhir. Malahan ibarat menyiram bensin ke api, perseteruan keduanya kembali memanas hingga harus berujung ke polisi.

Kuasa hukum Wabup Halsel Rusli Wally, Muhammad Konoras, kembali melaporkan aduan kliennya ke Reskrim Polda Maluku Utara dengan delik pencemaran nama baik. Bupati Muhammad Kasuba oleh Wally dianggap telah melecehkan dan mencemarkan nama baiknya dengan menyebar fitnah yang bisa merusak nama baik Wally.

Perkaranya, dalam sebuah kesempatan memberi sambutan di hadapan kaders Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kabupaten setempat, bupati yang juga penasehat partai tersebut, secara lantang telah mengumumkan berpindahnya Wally ke agama lain pada 18 Januari lalu.

“Ini sebuah pelecehan sekaligus pencemaran nama baik yang sangat merugikan klien kami. Tak ada jalan penyelesaian lain kecuali melalui jalur hukum,” ujar Muhammad Konoras saat ditemui okezone di Mapolda sore tadi, Senin pecan lalu.

Muhammad sendiri butuh waktu sekitar hampir enam bulan untuk mengumpulkan saksi dengan sejumlah bukti sebelum melaporkan bupati ke polisi. “Sudah enam saksi yang siap memberi keterangan. Mereka hadir dan menjadi saksi mata atas kejadian itu,” ungkap Konoras.

Muhammad sendiri berharap kali ini polisi tanggap dalam melanjutkan laporannya. “Kali ini polisi harus menyelesaikan persoalan ini bukan mendiamkannya seperti yang lalu-lalu. Ini sudah yang kesekian kalinya klien kami diperlakukan dengan cara-cara yang tidak manusiawi,” tegasnya.

Kabid Humas Polda Malut AKBP Nugraha saat dikonfirmasi membenarkan adanya laporan itu. “Siang tadi pengacaranya sudah melapor,” ujar Nugraha singkat tanpa merinci lebih jauh tindak lanjut polisi selanjutnya.

Sementara itu, okezone sendiri belum memperoleh keterangan apapun dari Bupati sendiri terkait dengan adanya laporan ke polisi.

Perseteruan keduanya ini merupakan ketiga kalinya dalam empat tahun kepemimpinan mereka di Halsel. Sebelumnya keduanya juga sempat terlibat saling menuding di sejumlah media massa dalam beberapa kurun waktu.

Sempat keduanya diberitakan saling memaafkan dengan tampil secara bersama dihadapan publik pada tahun baru lalu, kini “kemesraan” yang baru terjalin itu kembali pupus dengan adanya peristiwa ini.(okz)

Ditulis dalam DAERAH. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: