Gubernur Gorontalo Bedah Buku di Unkhair Ternate

Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad. (foto : repro)

Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad. (foto : repro)

TERNATE – Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad dalam lawatannya ke Maluku Utara menghadiri Rakernas Al-Khairaat, menyempatkan diri hadir pada acara bedah buku hasil karyanya yang berjudul Reinventing Local Government di kampus Universitas Khairun (Unkhair) Ternate.

Reinventing Local Government yang ditulis oleh Fadel Muhammad, memuat sejumlah program kerja Fadel yang menyangkut pengembangan SDM, sektor pertanian serta perikanan.

Bedah buku ini dipandu langsung Rektor Unkhair Ternate Rivai Umar sebagai moderator dan dua pembahas masing-masing Dr Rusman Soleman serta Dr Ir Abdurahman Hoda.

Dalam kesempatan itu Fadel menjelaskan secara terperinci isi buku yang terbagi dalam tiga bagian. Dari mulai pembahasan konsep teoritis paradigma pengelolaan manajemen. Termasuk pengalaman-pengalamannya dalam mengubah birokrasi.

Pada bagian akhir yang cukup penting dari buku itu yakni solusi yang ditawarkan dengan bekerja keras untuk kesejahteraan rakyat dengan melakukan inovasi-inovasi.

“Untuk pembangunan daerah yang lebih maju, pemerintah harus berani melakukan inovasi-inovasi perencanaan guna pembangunan dan perubahan daerah,” kata Fadel di Ternate, Rabu (4/3) lalu.

Putera asli Maluku Utara ini juga sempat membagi pengalaman saat menjadi pemimpin daerah. Fadel mengatakan terdapat beberapa hal yang mempengaruhi kinerja Walikota dan Gubernur. “Kemampuan manajemen wirausaha, budaya birokrasi dan membaca serta memanfaatkan pengaruh dari pihak luar,” jelasnya.

Selain itu, Fadel menambahkan perguruan tinggi merupakan faktor penunjang utama dalam pembangunan. “Karena itu manfaatkan akademisi dan orang-orang pintar sebagai SDM untuk pembangunan daerah,” imbuhnya.

Dr Rusman Soleman mengatakan, bahwa buku ini merupakan aplikasi yang didasarkan pada penelitian. “Buku ini menuntut kita untuk bisa mengubah pola pikir birokrasi dan keharusan peningkatan kompetensi daerah,” ungkapnya.

Menurut Dr Abdurahman Hoda, ada empat hal yang bisa didapat dari buku ini. Buku ini mengajarkan bagaimana mengelola sebuah daerah secara profesional, bagaimana mengelola serta memberikan solusi menuju kesejahteraan, mengubah keterbelakangan serta kelemahan menjadi keunggulan, dan penerapan sikap sabar serta amanah kepada masyarakat. (okz)

Ditulis dalam BUKU. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: