Panwas Rekomendasikan Pemecatan Anggota KPU Malut

Provinsi Maluku Utara

Provinsi Maluku Utara

TERNATE-Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) provinsi Maluku Utara (Malut) merekomendasikan pemecatan lima anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malut ke KPU Pusat dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) karena dianggap melanggar jadwal dan tahapan penyelenggaraan Pemilu Legislatif lalu.

Dalam surat rekomendasi tersebut, Panwas meminta KPU dan Bawaslu menonaktifkan lima anggota KPU Maluku Utara, karena telah melewati batas waktu pleno penetapan perolehan kursi DPRD Kabupaten Halmahera Selatan yang diambilalih karena dianggap bermasalah sejak 9 Mei 2009.

Lima anggota KPU yang direkomendasikan untuk dinonaktifkan itu, dinilai gagal melanjutkan tugas dan wewenang KPU Halmahera Selatan yang diambilalih pemilihan legislative April lalu.

Sementara anggota KPU Malut Mulyadi Tutupoho mengaku, sampai saat ini pleno penetapan kursi DPRD Kabupaten Halmahera Selatan belum dilakukan karena Panwas belum menyerahkan data banding ke KPU.

Mulyadi mempersilahkan Panwas untuk mengusulkan penonaktifan lima anggota KPU termasuk dirinya, jika upaya tersebut oleh Panwas dianggap sesuai prosedur perundang-undangan yang berlaku.

Ditulis dalam PEMILU. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: